Langsung ke konten utama

Review Film : Guardians of the Galaxy Vol. 2 – 2017 (Indonesia)



Film ke-15 dari Marvel Cinematic Universe, Guardians of the Galaxy Vol. 2 baru saja dirilis. Indonesia mendapat jadwal rilis, kurang lebih 1 minggu lebih cepat dibanding di Amerika Serikat. Film ini merupakan sekuel dari film pertamanya, yang dirilis 2014 lalu. Lagi-lagi, James Gunn dipercayai untuk me-nyutradarai film ini. Film ini, masih dibintangi oleh pemeran yang sama, sebut saja Chris Pratt, Zoe Saldana, Dave Bautista, Bradley Cooper, dan Vin Diesel.  Guardians of the Galaxy Vol. 2, bercerita tentang petualangan Star-Lord, dkk dalam menjaga galaksi, lalu secara tidak sengaja bertemu dengan Ayah Star-Lord, Ego (Kurt Russell).




Naskah yang ditulis dan digarap sendiri oleh James Gunn, sudah cukup baik. Alur cerita yang tidak mudah ditebak, pembawaan cerita tidak terlalu cepat, aksi-aksi yang intense lalu diselingi oleh humor dari tokoh-tokohnya, beberapa easter-eggs berhasil dibawakan dengan cukup baik oleh Gunn. Penokohan di film ini cukup baik dan kuat. Setiap karakter mendapat porsi penampilan yang pas di film ini. Dan tokoh-tokoh baru diperkenalkan secara baik, dan tidak terburu-buru sehingga memiliki ikatan tersendiri dengan Audience.

Visual yang ditampilkan cukup memanjakan mata. Planet-planet, tempat baru, dan beberapa karakter digambarkan dengan sangat baik lewat CGI dan visual-effect khas Marvel-Disney. Hal ini dapat menjadi kelebihan tersendiri dalam film ini. Ditambah dengan sinematografi yang apik dari D.O.P Henry Braham, berhasil menyampaikan pesan visual yang terdapat di film ini. Meski terdapat beberapa scene action-fighting yang menurut saya buruk, namun hal ini tidak terlalu terlihat sehingga bisa dimaafkan.




Yang menjadi daya Tarik sendiri dari film ini, tentu saja soundtrack film ini yaitu Awesome Mix Vol. 2. Lagu-lagu klasik dari sekitar tahun 1980 berhasil di-composed dengan baik oleh Tyler Bates (Music Composer). Pilihan lagu yang baik dalam setiap scene yang dihadirkan berhasil menghadirkan tone yang sangat fun untuk film ini. Bahkan opening scene film ini jauh lebih baik dan fun dibanding film pertamanya. Meski menghadirkan tone film yang fun, bukan berarti film ini tanpa adegan yang serius. Film ini cukup kompleks, dengan tema percintaan, persahabatan, dan kekeluargaan yang dibawakan dengan baik oleh Gunn.




Guardians of the Galaxy Vol. 2 memiliki kesan tersendiri di akhir filmnya. Pesan yang disampaikan pun dapat tersampaikan dengan baik. Sebuah film yang memorable, fun, dan sangat menghibur dengan visual yang cantik. Tak salah Marvel mempercayakan sekuel ini kepada James Gunn. Salah satu film ter-fun dan terbaik dari Marvel Cinematic Universe (Belum yang terbaik).




Rating : 4.5/5

Komentar

Other Posts :

Review Series : Iron Fist - 2017 (Indonesia)

Review Film : Beauty and the Beast - 2017 (Indonesia)

Review Film : The Greatest Showman – Indonesia (2017)